Headlines News :
Home » » Tips Untuk Menurunkan Berat Badan

Tips Untuk Menurunkan Berat Badan

Written By Unknown on Thursday, August 30, 2012 | 2:54 AM






TIPS KESEHATAN: Setiap orang mendambakan tubuh yang langsing dan sehat. Namun seringkali orang berpendapat bahwa sangat sulit untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh langsing karena harus melalui diet ketat dan olahraga. Ternyata tubuh langsing bisa didapatkan dengan mudah berikut cara praktis menurunkan berat badan tanpa diet.
Berikut ini Tips Untuk Menurunkan Berat Badan:

 1. Mengatur Waktu Makan Anda

Makanlah secara lambat dan aturlah waktu makan anda selama 20 menit. Hal ini adalah salah satu kebiasaan untuk menurunkan berat badan serta melangsingkan tanpa rencana diet yang rumit. Nikmati setiap makanan anda secara perlahan karena dengan tidak cepat-cepat menghabiskan porsi makanan anda akan memberikan kesempatan pada otak untuk mengirimkan sinyal bahwa perut sudah kenyang. Melahap makanan Anda turun terburu-buru akan memblok sinyal tersebut dan menyebabkan makan berlebihan.

2. Waktu Tidur yang Cukup

Dengan waktu tidur yang cukup dapat menurunkan berat badan dan akan menggantikan kegiatan mengganggur dan akhirnya mengemil karena tidak mempunyai kegiatan. Tidur akan memotong kalori sebesar 6% karena orang yang tidurnya terlalu sedikit menjadi gampang lapar.

3. Sajikan Lebih Banyak Sayuran pada Menu Makanan yang Disajikan

Ganti sebagian porsi makanan anda dengan sayuran. Dengan menyajikan 2/3 dari porsi yang anda makan dan 1/3 porsi lainnya dengan karbohidrat dan protein maka anda akan lebih banyak makan sayuran tanpa anda menyadarinya. Kandungan serat dan air yang tinggi an membuat perut menjadi lebih kenyang dan memiliki kalori yang rendah.

4. Tambahkan Sup pada Menu

Mengkonsumsi sup sebelum menikmati makanan utama anda akan mengurangi porsi makanan utama yang akan dimakan. Sup akan memberikan rasa kenyang sehingga orang akan berpikir lagi sebelum menambah porsi makanan. Pilihlah sup yang rendah kadar garam dan tambahkan sayuran segar kedalam sup. Waspadalah terhadap sup krim, yang tinggi lemak dan kalori.

5. Konsumsi Lebih Banyak Whole Grains atau Biji-bijian

Biji-bijian seperti beras merah, barley, gandum, soba, dan gandum utuh juga termasuk dalam strategi penurunan berat badan Anda. Mereka membantu memenuhi kebutuhan makanan Anda dengan kalori lebih sedikit dan dapat menurunkan kolesterol Anda, juga. Produk-produk gandum utuh sekarang lebih mudah ditemukan di supermarket maupun pasar tradisional. Alih-alih mengkonsumsi nasi putih, pilihlah beras merah sebagai sumber karbohidrat anda selain lebih mengenyangkan juga mempunyai indek glikemik yang lebih rendah dari pada nasi putih.

6. Kurangi Konsumsi Gula

Ganti satu minuman manis seperti soda biasa dengan air maka Anda akan terhindar dari sekitar 10 sendok teh gula. Tambahkan lemon, mint atau stroberi beku untuk rasa dan menyenangkan.
Gula cair dalam soda tampaknya memotong isyarat normal bahwa tubuh telah kenyang. Dengan mengurangi gula pada makanan dan minuman anda juga akan mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuh serta mencegah timbulnya penyakit seperti diabetes, maka berat badan pun akan berkurang.

 7. Ganti Minuman dengan Teh Hijau

Minum teh hijau juga dapat menjadi strategi yang baik untuk menurunkan berat badan.Teh hijau akan menjadi mesin pembakaran kalori tubuh sementara, melalui aksi phytochemical yang disebut catechin. Teh Hijau juga mempunyai efek relaksasi yang menyegarkan tubuh selain itu dipercaya bisa menurunkan lemak dalam tubuh. Setidaknya, Anda akan mendapatkan minuman menyegarkan tanpa kalori.

8. Makan di Rumah

Dengan makan makanan rumahan kita akan bisa mengatur makanan apa saja yang dikonsumsi tubuh. Memilih dan mengontrol bahan-bahan yang baik dan tanpa lemak untuk diolah menjadi makanan dirumah lebih mudah daripada mengontrol makanan yang kita konsumsi diluar rumah. Ketika mengkonsumsi makanan diluar rumah kita tidak tahu apakah makanan yang kita konsumsi dimasak dengan cara yang benar dan bebas lemak.

 9. Pakailah Piring yang Lebih Kecil

Dengan memakai piring yang lebih kecil, anda akan mengelabui mata untuk tidak tergoda menambah porsi makanan di piring anda. Dengan menggunakan piring yang lebih kecil maka porsi makanan anda akan terlihat lebih penuh, hal ini juga ternyata salah satu tips untuk  menurunkan berat badan anda.

 10. Bakarlah Kalori Lebih dari 100 Kalori Setiap Hari

Kehilangan 10 kilogram berat badan dalam setahun tanpa diet dengan membakar suatu 100 kalori ekstra setiap harinya. Cobalah salah satu dari kegiatan ini:
Berjalan 1 mil, sekitar 20 menit.
Bersihkan rumput atau tanaman bunga selama 20 menit.
Bersihkan rumah selama 30 menit.
Jogging selama 10 menit.

11. Rayakan Keberhasilan Anda

Ketika Anda telah membuang kebiasaan soda atau hanya berhasil melewati hari tanpa makan berlebihan, ucapkan selamat pada diri Anda sendiri karena telah lebih dekat ke gaya hidup pelangsing yang membantu orang menurunkan berat badan tanpa diet rumit. Telepon teman, melakukan pedikur, membeli baju baru atau menikmati sepotong kecil cheesecake membuat anda tidak merasa melakukan gaya hidup yang lebih sehat ini dengan sia-sia. Berikan reward kepada diri anda sendiri setiap anda berhasil mengubah kebiasaan buruk, hal ini akan membuat diri ingin mendapatkan reward lagi atas keberhasilan lainnya sehingga gaya hidup langsing dapat terus dijaga.
Menurunkan berat badan tanpa diet bukanlah suatu hal yang mustahil. Selain itu tubuh tidak merasa  terbeban untuk menjalankan kebiasaan-kebiasaan sehat ini dan menjadi langsing.

Share this article :

1 comment:

Anonymous said...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauchid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL. alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauchid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, jadi teman2 jangan pernah putus asah kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Post a Comment

 
Support : Privacy Policy | Pakpak Media | Type Handphone Spesifikasi dan Harga
Copyright © 2011. Pakpak Pos - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger